PANCASILA
- RAHMATULLAH,S.IP.,M.Si . |
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila adalah mata kuliah pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik dan pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian menjadi sumber nilai dan pedoman menyelenggarakan program studi untuk mengantarkan mahasiswa sebagai generasi muda yang dapat mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai disiplin ilmunya masing-masing.
Course Information
Pend. Pancasila 18Y01111202
CPL1 (Sikap 2)
Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan Agama, Moral dan Etika
CPL2 (Sikap 3)
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
CPL3 (Keterampilan 1)
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
CPMK
Memperkuat Pancasila sebagai Dasar Falsafah Negara dan Ideologi Bangsa dengan mengimplementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
CPL-1
Sub-CPMK1 Mampu Menginternalisasi tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
Sub-CPMK2 Mampu Mengambil hikmah pembelajaran dari Sejarah perumusan Pancasila
Sub-CPMK3 Mampu Menjelaskan Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
CPL-2
Sub-CPMK4 Mampu Menjelaskan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Sub-CPMK5 Dapat Menganalisis Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Sub-CPMK6 Dapat Menganalisis Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan
CPL-3
Sub-CPMK7 Dapat Menganalisis Pancasila sebagai Sistem Etika
Sub-CPMK8 Dapat Menganalisis Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Pend. Pancasila 18Y01111202
MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
2. Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa Indonesia
3. Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
4. Pancasila Sebagai Dasar Negara
5. Pancasila Sebagai Ideologi Negara
6. Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan
7. Pancasila sebagai Sistem Etika
8. Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Pend. Pancasila 18Y01111202
Cooperative Learning/ Kuliah Interaktif
PEKAN I
Tahap Pertama Pembelajaran ( 50 menit ) :
- Dosen/Fasilitator : Menjelaskan Tentang Kontrak Pembelajaran
- Mahasiswa Mencermati dan Memahami Penjelasan Dosen
Tahap Kedua Pembelajaran ( 50 menit ) :
- Dosen/Fasilitator : Menjelaskan Tentang Latar Belakang & Tujuan Pend. Pancasila
- Mahasiswa :
- Mencermati dan Memahami Penjelasan Dosen
- Menjelaskan tentang Pentingnya Pend.Pancasila
BELAJAR MANDIRI & TUGAS TERSTRUKTUR di SIKOLA (2 x 60 Menit) :
Mahasiswa Membuat PAPER (Tugas Individu) :
- Tentang Pentingnya Pend.Pancasila
- Diketik Komputer, Spasi 1.5, Sebanyak minimal 1 hal, Ukuran Kertas A4.
- Tugas di Upload di SIKOLA (Paling Lambat Pkl. 20.00 Wita setelah Hari Perkuliahan).
PEKAN II, III, VII, VIII, X, XII, XIV
BELAJAR MANDIRI & TUGAS TERSTRUKTUR di SIKOLA (2 x 60 Menit) :
Mahasiswa Membuat PAPER (Tugas Individu) :
- Sesuai dg Sub Materi Kelompoknya.
- Diketik Komputer, Spasi 1.5 , Sebanyak 2 sampai 5 hal, Ukuran Kertas A4.
- Tugas Paper di Upload di SIKOLA (Paling Lambat Pkl. 20.00 Wita sebelum Hari Perkuliahan).
Tahap Pertama Pembelajaran ( 50 menit ) :
- Dosen/Fasilitator : Menjelaskan Materi sesuai RPS
- Mahasiswa Mencermati dan Memahami Penjelasan Dosen
Tahap Kedua Pembelajaran ( 25 menit ) :
- Mahasiswa Menjelaskan Sub Materi sesuai tugasnya masing-masing.
- Dosen/Fasilitator :
- Mencermati presentasi dan mengamati dinamika kelas pembelajaran
- Mengisi Kolom-Kolom Penilaian
Tahap Ketiga Pembelajaran ( 25 menit ) :
- Mahasiswa mempertanyakan (Umpan Balik), hal-hal yang kurang jelas/ kurang dipahami.
- Dosen/Fasilitator :
- Mengumpan balik dan mengamati dinamika kelas pembelajaran
- Mengisi kolom-kolom penilaian
Coolaborative Learning/ Diskusi Kelompok
PEKAN IV, V, VI, IX, XI, XIII, XV
BELAJAR MANDIRI & TUGAS TERSTRUKTUR di SIKOLA (2 x 60 Menit) :
Mahasiswa Membuat MAKALAH & PPt (Tugas Kelompok) :
- Sesuai dengan Tema Kelompoknya.
- Diketik Komputer, Spasi 1.5 , Sebanyak minimal 7 hal, Ukuran Kertas A4.
- Isi Pembahasan : Konsep, Realita, Masalah dan Solusi.
- Kesesuaian dg Tema
- Terpenuhinya Bagian” Makalah
- Kreativitas
- Kemutakhiran Bahan Pustaka
- Tugas Makalah & PPt di Upload di SIKOLA (Paling Lambat Pkl. 20.00 Wita sebelum Hari Perkuliahan). Atau Via email Dosen.
Tahap Awal Pembelajaran (10 menit )
1. Dosen/Fasilitator : Menyampaikan pengantar perkuliahan (Capaian dan Metode Pembelajaran)
2. Mahasiswa (kelompok pemateri) :
- Mempersiapkan presentasi materi (mengatur media pembelajaran)
- Menyerahkan makalah kelompok kepada dosen/fasilitator.
Tahap Presentasi Kelompok Pemateri (30 menit) :
- Mahasiswa (kelompok pemateri) mempresentasikan materi dengan ruang lingkup sesuai dengan RPS
- Mahasiswa (anggota kelompok peserta) mencermati presentasi.
- Dosen/Fasilitator :
- Mencermati presentasi dan mengamati dinamika kelas pembelajaran
- Mengumpan balik secara tertulis tugas makalah kelompok (mengoreksi/menambahkan)
- Mengisi kolom-kolom penilaian
Tahap Umpan Balik Kelompok Peserta (15 menit ) :
- Mahasiswa (perwakilan kelompok peserta) menyampaikan pertanyaan dan menjelaskan secara singkat tugasnya masing-masing.
- Mahasiswa (kelompok pemateri) :
- Mencermati umpan balik kelompok peserta
- Mempersiapkan jawaban pertanyaan kelompok peserta
3. Dosen/Fasilitator :
- Mencermati umpan balik kelompok peserta dan mengamati dinamika kelas pembelajaran
- Mencatat hal-hal yang penting, berbeda dengan penjelasan kelompok pemateri untuk dijelaskan pada akhir perkuliahan.
- Mengisi kolom-kolom penilaian
Tahap Diskusi Kelas (30 menit ) :
- Mahasiswa (kelompok pemateri) menyampaikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan kelompok peserta.
- Mahasiswa (anggota kelompok- kelompok peserta) mengumpan balik jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut..
- Dosen/Fasilitator :
- Mencermati diskusi dan dinamika kelas pembelajaran
- Mengisi kolom-kolom penilaian
- Mengarahkan dan memberi alternatif pada hal-hal yang bermasalah.
Tahap Akhir Pembelajaran (15 menit ) :
- Dosen/Fasilitator :
- Menyampaikan Evaluasi Proses Pembelajaran
- Menyampaikan simpulan materi pembelajaran
2. Mahasiswa mengumpulkan tugasnya.
Pend. Pancasila 18Y01111202
PUSTAKA
Utama :
1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2016. Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Pendukung :
2. Notonagoro. 1994. Pancasila Secara ilmiah Populer. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Kaelan. 2000. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
4. Yudi Latif. 2017. Negara Paripurna. Jakarta: Gramedia
5. Anwar Arifin. 2018. Pancasila Ideologi Tengah tanpa Oposisi. Jakarta: Nufa Citra Mandiri
Pend. Pancasila 18Y01111202
1 | Prof.Dr.H.A. Gau Kadir, M.A/ Irham,S.Ip,M.Si |
2 | Prof.Dr.H.A.Gau Kadir, M.A/ Ummu Habibah Gaffar,S.IP,M.Si |
3 | Prof.Dr.H.A.Gau Kadir, M.A/ Muh Resky A.Gau,S.Ip |
4 | Prof.Dr.H.Juanda Nawawi,MS/ Fadli Yasser Arafat,S.H.,M.H. |
5 | Dr.H.A.Samsu alam,M.Si/ Afni,S.Ip, M.Si |
6 | Dr. Sukri, M.Si/ Ummi Fadyah,S.Ip,M.Si |
7 | Dr.Hj.Nurlinah,M.Si/Sunardi,S.Ip,M.A. |
8 | Dr.A.M.Rusli,M.Si/ Fatmawati Rasyid,S.Ip,M.Si |
9 | Dr.Jayadi Nas,M.Si/ Muh.Yusuf,S.IP,M.Si |
10 | Dr.Mansyur Radjab,M.Si/ Arini Enar Lestari AR,S.Pd,M.Sos |
11 | Dr.Sakaria,M.Si/ M. Adnan Kasogi, M.Si |
12 | Dr.Ariana,S.Ip,M.Si/ Dian Ekawaty,S.Ip,M.Si |
13 | Dr.Abd. Asis, SH.,MH/ M.Ersyad Indrapraja,SH,MH |
14 | Dr.Gita Susanti,M.Si/ Muh. Ivan Nur Iva, S.Sos, M.Si |
15 | Dr.Halwatiah,M.Si/ Muh. Ivan Nur Iva, S.Sos, M.Si |
16 | Dr.M.Akbar,M.Si/ Ardhita Anggraeni N,S.Sos,M.Ikom |
17 | Dr.M.Akbar,M.Si/ A.Ahmad H Tenriliweng, S.ST,M.Si |
18 | Dr.Hasrullah,M.Si / Nosakros Arya,S.Kom,M.Si |
19 | Dr.A.Ahmad Yani, M.Si/ Amril Hans,SAP,MPA |
20 | Dr.Rahman Saeni,M.Si |
21 | Drs.Hasbi,M.Si,Ph.D. |
22 | Dr.A.Sahwiyah,S.H.,M.H. |
23 | Dr.A.Sahwiyah,S.H.,M.H./Musrayani Usman,S.Sos,M.Si |
24 | Dr.Nurdin Nara,M.Si/ Dr.Atta Irene Allorante,M.Si |
25 | Dr.Muhammad Tamar,M.Psi |
26 | Dr.Wahyudi,M.Si |
27 | Dr.A.Baharuddin,SH,MH |
28 | Dr.Kurniati,M.Si |
29 | Drs.Iqbal Latief,M.Si/ Suryanto,S.Sos,M.Si |
30 | A.Naharuddin,S.Ip,M.Si/ Dian Ekawaty,S.Ip,M.Si |
31 | Drs.Sudirman Karnay, M.Si |
32 | Drs.Abd. Rasyid Rahman, M.Ag |
33 | A. Ali Armunanto,S.Ip,M.Si/ Zulhajar,S.Ip,M.A. |
34 | A.Subhan Amin,S.Sos,M.Si/ A.Ahmad H Tenriliweng, S.ST,M.Si |
35 | Adnan Nasution,S.Sos,M.Si/A.Rahmat Hidayat,S.Sos,M.Si |
36 | Adnan Nasution,S.Sos,M.Si/ Rizal Pauzi,S.Sos,M.Si |
37 | Nosakros Arya,S.Kom,M.Si |
38 | Haryanto,S.Ip,M.A. |
39 | Dr.Gustiana A.Kambo,M.Si |
40 | Ir.Amsal,M.Si/ Drs. Abd. Azis Ks |
41 | Drs. Hasbi Gama, M.Si |
42 | Esan Lamban,S.Sos,M.Si |
43 | Imran ,S.Ip,M.Si/Drs. H. Salahuddin Latif |
44 | Drs.Mastang, M.Si/ Dra.Hj.Mardani,M.Si |
45 | Ashar Prawitno,S.Ip,M.Si |
46 | Dr.Safriadi,S.Ip, M.Si/ Hj.Sukmawati,S.Ip,M.Si |
47 | Dr.Safriadi,S.Ip, M.Si/ Suryanto,S.Sos,M.Si |
48 | Dr.A.Lukman Irwan,S.Ip,M.Si/ Sunardi,S.Ip,M.Si |
49 | Dr.A.Lukman Irwan,S.Ip,M.Si/ Zulhajar,S.Ip,M.A. |
50 | Rahmatullah ,S.Ip,M.Si |
51 | Rahmatullah ,S.Ip,M.Si/St.Wijdana,S.S.,M.Si |
52 | St.Wijdana,S.S.,M.Si |
Pend. Pancasila 18Y01111202
BENTUK PENILAIAN dan EVALUASI
I. PROSES SCL 85 %
- Kehadiran
- Tugas Individu (Paper)
- Tugas Kelompok (Makalah & PPt)
- Keaktifan (Penjelasan pada Kuliah Interaktif & Presentasi pada Diskusi Kelompok)
- Kuis
II. UAS 15 %
Coaches
RAHMATULLAH,S.IP.,M.Si .