PERANCANGAN RUANG DALAM (INTERIOR)
- Prof. Dr. Ir. Triyatni Martosenjoyo, M.Si . |
- Dr. Rahmi Amin Ishak, S.T., M.T. . |
- Dr. Ir. Syarif Beddu, M.T. . |
- Dr. Syahriana Syam, ST., MT. . |
Mata kuliah Perancangan Ruang Dalam merupakan mata kuliah wajib Prodi S1 Arsitektur. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perancangan ruang dalam untuk fungsi-fungsi sederhana yang unik, meliputi penataan furniture, penataan cahaya dan udara, asesoris, bahan dan material penutup lantai, dinding dan langit-langit. Beban mata kuliah ini 3 SKS, terdiri dari 1 SKS teori dan 2 SKS praktikum studio. Metode pembelajaran bauran secaran luring di Studio Arsitektur Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Unhas-Gowa, secara daring melalui SIKOLA. Pemgelola mata kuliah Laboratorium Perancangan Arsitektur.
Course Information
CAPAIAN PEMBELAJARAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
TAKSONOMI BLOOM
CPL 1 |
C2 Memahami |
CPL 2 |
C3 Mengaplikasi |
CPL 3 |
C4 Menganalisus |
CPL 4 |
C5 Mengevaluasi |
CPL 5 |
C6 Mencipta |
KKNI
SIKAP | |
CPL 1 |
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
PENGETAHUAN | |
CPL 2 |
P1 Menguasai konsep teoritis tentang arsitektur, perancangan arsitektur, estetika, sistem struktur dan utilitas bangunan dan keamanan serta keselamatan bangunan. |
CPL 3 |
P2 Menguasai prinsip sains bangunan, lansekap, perencanaan dan perancangan kota, permukiman, arsitektur Nusantara, ekologi, dan pemaknaan dalam arsitektur. |
CPL 4 |
P4 Menguasai berbagai variasi teknik presentasi rancangan konseptual arsitektur. |
KETERAMPILAN UMUM | |
CPL 5 |
KU1 Mampu menyelesaikan pekerjaan perancangan arsitektur berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku. |
CPL 6 |
KU2 Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur. |
KETERAMPILAN KHUSUS | |
CPL 7 |
KK1 Mampu menyusun konsep rancangan arsitektur yang mengintegrasikan hasil kajian aspek perilaku, lingkungan, teknis, dan nilai-nilai yang terkait dengan arsitektur. |
CPL 8 |
KK3 Mampu mengkomunikasikan pemikiran dan hasil rancangan dalam bentuk grafis, tulisan, dan model yang komunikatif dengan teknik manual maupun digital. |
AUN - QA
KNOWLEDGE | |
CPL 1 |
ELO3 To match the criteria of professional architectural works. |
GENERAL SKILL | |
CPL 2 |
ELO 4 To coordinate architectural works across disciplines. |
CPL 3 |
ELO 5 To demonstrate a good communication of architectural ideas and design through various media. |
SPECIFIC SKILL | |
CPL 4 |
ELO 6 To apply a comprehensive architectural design based on local context (social, economy, environment, and maritime culture). |
CPL 5 |
ELO 7 To apply the principles of material usage, construction methods, and structural system in building design. |
CPL 6 |
ELO 8 To apply the principles of passive low energy, energy efficiency, and eco-friendly in building design. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Setelah mengikuti mata kuliah Perancangan Ruang Dalam selama 1 (satu) semester, mahaissiwa mampu menguasai konsep teoritis tentang perancangan arsitektur, estetika, (P1); menguasai prinsip dan pemaknaan dalam arsitektur (P2); menguasai berbagai variasi teknik presentasi rancangan konseptual arsitektur (P4); menyelesaikan pekerjaan perancangan arsitektur menganalisis data dengan metode yang sesuai, baik yang (KU1); mampu menyusun konsep rancangan arsitektur yang mengintegrasikan hasil kajian aspek perilaku, lingkungan, teknis, dan nilai-nilai yang terkait dengan arsitektur (KK1) tentang konsep dan perancangan ruang dalam untuk fungsi-fungsi sederhana yang unik, meliputi penataan furniture, penataan cahaya dan udara, asesoris, bahan dan material penutup lantai, dinding dan langit-langit; dan mengkomunikasikan pemikiran dan hasil rancangan dalam bentuk grafis, tulisan, dan model yang komunikatif dengan teknik manual KK3) dengan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9) dan kinerja bermutu dan terukur (KU2).
SUB-CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
SUB-CPMK 01 | Mahasiswa mengidentifikasi elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain dalam merancang fungsi dan estetika ruang dalam. |
SUB-CPMK 02 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan faktor-faktor yang memengaruhi rancangan ruang dalam. |
SUB-CPMK 03 | Mahasiswa mampu merancang kompisisi furniture, asesoris, bahan , dan material yang sesuai dengan tuntutan fungsi, estetika dan teknologi rancangan ruang dalam. |
SUB-CPMK 04 | Mahasiswa mampu merancang warna dan dekorasi dalam rancangan ruang dalam. |
SUB-CPMK 05 | Mahasiswa mampu merancang sistem pencahayaan, penghawaan, dan ME yang sesuai dengan tuntutan fungsi, estetika dan teknologi rancangan ruang dalam. |
SUB-CPMK 06 | Mahasiswa mampu menggunakan standar-standar ergonomik, proksemik, dan antropometrik dalam rancangan ruang kehidupan pribadi |
SUB-CPMK 07 | Mahasiswa mampu merancang ruang dalam rumah tinggal profesi atau toko kebutuhan khusus pada dimensi luas ruang 70 m2. |
BAHAN KAJIAN
1. Elemen-elemen dan prinsip-prinsip rancangan ruang dalam
2. Faktor-faktor Yang MEmengaruhi Rancangan Ruang Dalam
- Kebutuhan Fisik
- Kebutuhan Psikologis
- Gaya Hidup
- Perumahan dan Masyarakatnya.
- Rancangan Universal
3. Komposisi Rancangan Ruang Dalam
- Furniture
- Asesoris
- Bahan dan Material
- Penggunaan warna sebagai sistem fungsi.
- Dekorasi
4. Sistem Pencahayaan, Penghawaan, dan ME
- Sistem pencahayaan
- Sistem penghawaan
- ME
5. Standar-standar
- Ergonomik
- Proksemik
- Antropometrik
6. Ide dan gagasan rancangan rumah tinggal profesi atau toko kebuthhan khusus.
7. Maket
BENTUK DAN METODE PEMBELAJARAN
bentuk dan metode pembelajaran bauran luring dan daring, PBL berbasis teri dan praktiku studio.
PUSTAKA
- Abercrombie, S. 1990. A Philosophy of Interior Design. Harper and Row. New York
- Binggeli, Corky. 2010. Building SystemsFor Interior Designer, Second Edition. John Wiley & Sons Inc. New Jersey
- Binggeli, Corky dan Greichen, Patricia. 2011. Interior Graohic Standards, Second Edition. John Wiley & Sons Inc. New Jersey
- Ching,FrancisDKdanBinggeli,Corky.2012.InteriorDesignIllustrated,ThirdEdition.JohnWileyandSons. New Jersey
- De Chiara, Joseph; Panero, Julius; dan Zelnik, Martin. 2001. Time Savers Standards for interior Design and
- Space Planning. McGraw-‐Hill, Inc. New York
- Gordon,Gary.2003.InteriorLightingforDesigners,FourthEdition.JohnWiley&Sons,Inc.NewJersey 7. Jones, Lynn M. and Allen, Phyllis S. 2009. Beginnings of Interior Environments, 10th Edition. Pearson Prentice Hall.
- Kilmer & Kilmer. 2009. Construction Drawings and Details for Interiors, Second Edition. John Wiley and Sons. New Jersey
- Mitton, Maureen. 2012. Interior Design Visual Presentation: A Guide to Graphics, Models, and Presentation Techniques, Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey
- Mitton, Maureen dan Nystuen, Courtney. 2011. Residential Interior Design, A Guide to Planning Spaces. John Wiley and Sons. New Jersey
- Martosenjoyo, Triyatni. 2014. Buku Ajar Nirmana Ruang. Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Makassar
- Nielson, Karla J dan Taylor, David A. 2011. Interiors, An Introduction. McGraw-‐Hill. New York
- Nielson, Karla J. 2007. Interior Textiles: Fabrics, Application 7 Historic Style. John Wiley & sons Inc. New Jersey
- Piotrowski, Christine M dan Rogers, Elizabeth A. 2007. Designing Commercial Interiors. John Wiley and Sons. New Jersey
- Pheasant, Stephen dan Haslegrave, Christine M. 2006. Bodyspace: Anthropometri, Ergonomics and Design of Work, Third Edition. Taylor & Francis. London
DOSEN PENGAMPU
- Dr. Ir. Triyatni Martosenjoyo, MSi
- Dr. Ir. Syarif Beddu, ST. MT
- Rahmi Amin Ishak, ST. MT
- Syahriana Syam, ST. MT
INDIKATOR, BENTUK, DAN KRITERIA PENILAIAN
Lihat Tabel Rencana Pembelajaran Semester.
Coaches

Prof. Dr. Ir. Triyatni Martosenjoyo, M.Si .

Dr. Rahmi Amin Ishak, S.T., M.T. .

Dr. Ir. Syarif Beddu, M.T. .

Dr. Syahriana Syam, ST., MT. .