SISTEM DIGITAL
- Dr. Muhammad Niswar, ST.,MT. . |
- Dr. Eng. Ir. Zulkifli Tahir, ST.,M.Sc. . |
- Ir. Christiforus Yohannes, MT. . |
- Dr. Amil Ahmad Ilham, ST.,MIT. . |
- Iqra Aswad, S.T., M.T. . |
- Prof. Dr. Ir. Andani, MT. . |
Matakuliah ini membahas tentang konsep perancangan dan pembuatan perangkat sistem digital dengan beban 3 SKS. Mahasiswa diberikan pemahaman tentang gerbang logika dasar (AND, OR, NOT) dan Aljabar Boole serta implementasinya pada rangkaian kombinatorial dan sekuensial. Matakuliah ini merupakan pondasi dari ilmu pengetahuan sistem komputer dan menjadi syarat utama untuk mengambil matakuliah Aristektur Komputer dan matakuliah Mikroprosesor. Disajikan untuk mahasiswa semester kedua pada prodi Teknik Informatika. Penanggung jawab matakuliah adalah Dr.Muhammad Niswar. Metode pembelajaran matakuliah ini adalah gabungan teori dan praktek menggunakan simulation tool: electronic workbench (EWB) dan VHDL.
Course Information
Capaian Pembelajaran
CPL yang dibebankan pada MK:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai algoritma /metode untuk memecahkan masalah
- Memiliki kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah disiplin program
CPMK:
Mahasiswa memahami konsep perancangan dan pembuatan sistem digital. Mahasiswa mampu berpikir secara logis dan bekerja secara mandiri dalam merancang dan membuat perangkat sistem digital secara sistematis.
Sub-CPMK:
- Memahami sistem bilangan, konversi bilangan, dan operasi system bilangan.
- Memahami dan mengenal Gerbang Logika dan Tabel Kebenaran
- Memahami teorema Aljabar Boole dan mampu menyederhanakan persamaan Boole menggunakan teorema Aljabar Boole
- Mamahami Karnaugh Map (K-Map) dan mampu menyederhanakan persamaan Boole menggunakan K-Map
- Memahami konsep perancangan dan pembuatan rangkaian kombinatorial
- Mampu merancang dan membuat rangkaian kombinatorial secara logis dan sistematis
- Memahami konsep perancangan dan pembuatan rangkaian Sekuensial.
- Memahami prinsip kerja elemen memori (flip-flop) dan implementasinya pada rangkaian sekuensial.
- Memahami merancang state diagram/machine dalam perancangan rangkaian sekuensial.
- Mampu merancang dan membuat rangkaian sekuensial secara logis dan sistematis.
Bahan Kajian
- Sistem bilangan (biner, decimal, octa, hexadecimal) dan konversi bilangan
- Gerbang Logika dan Tabel Kebenaran.
- Teorema Aljabar Boole dan penyederhanaan persamaan Boole
- Penyederhanaan persamaan Boole menggunakan teorema Alajabar Boole
- Penyederhanaan persamaan Boole menggunakan Karnaugh Map (K-Map)
- Perancangan Rangkaian Kombinatorial
- Rangkaian Kombinatorial: Half/Full Adder, MUX, Decoder, Encoder, BCD
- Perancangan Rangkaian Sekuensial
- Elemen memori (flip-flop) dan table eksitasi.
- Mealy & Moore Machine
- Rangkaian Sekuensial : Counters dan Shift Regiter.
- Tugas Project : Vending Machine OR Traffic Light
- Tugas Project: Vending Machine OR Traffic Light
- Tugas Project: Vending Machine OR Traffic Light
Bentuk dan Metode Pembelajaran
Pekan Ke- |
Sub-CPMK (Kemampuan akhir tiap tahapan belajar) |
Penilaian |
Bentuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa, [ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran [ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
||
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Daring (online) |
Luring (offline) |
||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
Memahami sistem bilangan, |
|
|
|
|
|
0 |
2 |
Memahami dan mengenal Gerbang Logika dan Tabel Kebenaran. |
|
|
|
|
|
0 |
3 |
Memahami teorema Aljabar Boole dan mampu menyederhanakan persamaan Boole menggunakan teorema Aljabar Boole. |
|
|
|
|
|
0 |
4 |
Mamahami Karnaugh Map (K-Map) dan mampu menyederhanakan persamaan Boole menggunakan K-Map |
|
|
|
|
|
0 |
5 |
Memahami konsep perancangan dan pembuatan rangkaian kombinatorial |
|
|
|
|
|
0 |
6 |
Mampu merancang dan membuat rangkaian kombinatorial secara logis dan sistematis. |
|
|
|
|
|
0 |
7 |
Mampu merancang dan membuat rangkaian kombinatorial secara logis dan sistematis. |
|
|
|
|
|
10 |
8 |
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester |
20 |
|||||
9 |
Memahami konsep perancangan dan pembuatan rangkaian Sekuensial
|
|
|
|
|
|
0
|
10 |
Memahami konsep perancangan dan pembuatan rangkaian Sekuensial
|
|
|
|
|
|
0 |
11 |
Memahami konsep perancangan dan pembuatan rangkaian Sekuensial
|
|
|
|
|
|
0 |
12 |
Mampu merancang dan membuat rangkaian sekuensial secara logis dan sistematis |
|
|
|
|
|
0 |
13 |
Mampu merancang dan membuat rangkaian sekuensial secara logis dan sistematis |
|
|
|
|
|
0 |
14 |
Mampu merancang dan membuat rangkaian sekuensial secara logis dan sistematis |
|
|
|
|
|
0 |
15 |
Mampu merancang dan membuat rangkaian sekuensial secara logis dan sistematis |
|
|
|
|
|
20 |
16 |
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester |
50 |
Coaches

Dr. Muhammad Niswar, ST.,MT. .

Dr. Eng. Ir. Zulkifli Tahir, ST.,M.Sc. .

Ir. Christiforus Yohannes, MT. .
Dr. Amil Ahmad Ilham, ST.,MIT. .

Iqra Aswad, S.T., M.T. .

Prof. Dr. Ir. Andani, MT. .