Lama - PEMBELAJARAN BAHASA BERBANTUAN KOMPUTER
- Prof. Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling. . |
- Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum. . |
Matakuliah ini akan mengantar peserta kuliah menguasai pengetahuan dan memiliki keterampilan menyiapkan materi Pembelajaran Bahasa Arab interaktif. Materi tersebut dapat dibuat dalam bentuk pembelajaran luring (offline) maupun daring (online) atau dapat dikatakan dapat diakses melalui web and CD-based. Beberapa aplikasi terkini telah disiapkan untuk dielaborasi, dimodifikasi, dan digunakan sepanjang perkuliahan dan praktikum nantinya. Di antara aplikasi yang dimaksud adalah Hot Potatoes, Knowledge Presenter, Camtasia, Audacity dan Plickers.
Fasilitas Pendukung
Dukungan yang didapat oleh peserta kuliah adalah fasilitas laborotorium komputer yang terletak di gedung FIB-201 dan FIB-219. Pada lab ini setiap peserta akan mendpat masing-masing sebuah komputer. Di samping itu, peserta kuliah akan melaporkan berbagai tugas, baik kelompok maupun individu lewat Learning Management System (LMS) Unhas.
Proses Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran melalui SIKOLA akan dioptimalkan pada menu Alur pembelajaran atau Learning Path. Peserta kuliah diharapkan mengakses materi pembelajaran, latihan, tugas dan lainya pada menu Learning Path. Selama pembelajaran, peserta kuliah akan melakukan tugas kelompok dan individu. Perkuliahan dirancang dalam laboratorium komputer. Karena itu kegiatan ini berbasis praktikum. Namun demikian, tutorial tetap akan diberikan. Hal lain yang perlu diperhatikan peserta kuliah adalah akses ke SIKOLA. Diharapkan setiap hari peserta kuliah dapat mengakses SIKOLA minimal DUA KALI sehari, pagi dan sore. Aktifitas ini akan terekam pada sistem SIKOLA.
Course Information
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Dibebankan pada Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya;
- Mampu menggunakan piranti lunak mutakhir berbahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan dan piranti lunak aplikatif mutakhir lainnya; dan
- Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Mampu mendemonstrasikan dan memamerkan produk inovasi aplikasi teknologi pembelajaran bahasa Arab mutakhir dalam ruang lingkup tugas dan pekerjaannya
SubCapaian Pembelajaran Mata Kuliah (subCPMK)
- Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya
- Mampu menjelaskan teori dan konsep teknologi pembelajaran
- Mampu menggunakan aplikasi dan membuat video pembelajaran bahasa;
- Mampu menggunakan aplikasi tes formatif interaktif pembelajaran bahasa dan memamerkan produknya;
- Mampu memproduksi media pembelajaran bahasa dari berbagai aplikasi open source
- Mampu mendesain, mendemostrasikan, dan memamerkan hasil projek media pembelajaran bahasa secara terintegrasi; dan
- Mampu menunjukkan perilaku dan etika pendidik di era digital (diklaim sebagi era revolusi industri 4.0)
Bentuk dan Metode Pembelajaran
Bentuk pembelajaran adalah Kuliah dan Praktikum. Metode pembelajaran untuk matakuliah ini adalah Project-based Learning. Hasil akhir (output) atau materi output dari matakuliah ini adalah mahasiswa menyusun materi yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bahasa Arab, khususnya untuk latihan mandiri dan test. Ouputnya dalam bentuk file.html yang dapat disimpan pada web, CD, atau flashdiks. File dalam CD atau flashdiks sudah dalam bentuk autorun. Standar kelulusan Produk adalah LAYAK JUAL.
Meteri Pembelajaran
Materi Pembelajaran
- Teori dan Konsep Teknologi Pembelajaran
- Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran
- Aplikasi Pembuat Tes Formatif
- Produksi Media
- Projek Media Pembelajaran
- Etika Pendidik Era Teknologi
Pustaka
- Yusring Sanusi B., 2017, Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran Bahasa. CV Myskat: Malang
- Yusring Sanusi B., 2017, Model Pembelajaran Bahasa Arab Online Berbasis LMS. LKPP Unhas: Makassar
- Dick, Walter, dkk. The Systematic Design of Instruction. 6th Edition; New York: Pearson, 2009.
- Davis, F. D. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly 13, no. 3 (1989): h. 319-340.
- Camtasia Studio Help Guide
Coaches
Prof. Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling. .
Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum. .